Tugas Coding Matdis (Kombinatorial)

Lebaran sudah berlalu saatnya beraktifitas lagi seperti biasa 🙂 . Pak saya sudah lama ga ngoding, sudah banyak lemak nih di jari-jari dan otak sudah mulai membeku 🙂 . Asiaaap…. SFH masih berlanjut oleh karena itu untuk makul ASD dan MDS digabung yaitu membuat program matematika diskrit dengan materi kombinatorial (Rule of Product). Soalnya tentang pola banyak inputan huruf yang bisa dibentuk dari sejumlah huruf yang diberikan.

Sebagai contoh ada kumpulan huruf sebanyak 4 buah: A B C D kemudian inputan yang diperlukan ada 2, maka ada berapa pola huruf yang dapat dibentuk (tidak ada perulangan huruf)? 4Ă—3 = 12 dengan pola:

  1. A B
  2. A C
  3. A D
  4. B A
  5. B C
  6. B D
  7. C A
  8. C B
  9. C D
  10. D A
  11. D B
  12. D C

Bagaiman jika huruf yang diberikan banyak serta inputan yang diinginkannnya juga banyak? tentu hal ini tidak efisien jika menggunakan secara manual oleh karena itu diperlukan sistem agar waktu yang diperlukan untuk menghasilkan pola tersebut secara singkat.

Nah tugas minggu ini yaitu membuat program, dimana banyak huruf dan huruf apa saja yang diberikan sesuai dengan keinginan dari user, serta inputan pola yang ingin dibentuk sesuai dengan keinginan user namun untuk tugas ini dibatasi dari minimal 1 dan maksimal 4 inputan.

adapun gambaran sistem sebagai berikut:

1.User memasukkan jumlah huruf yang tersedia

2. kemudian user memasukkan huruf-hurufnya (huruf berbeda satu dengan yang lainnya)

3. user memasukkan banyak inputan huruf dan sistem akan menampilkan pola huruf yang dapat dibentuk

sistem akan menampilkan pola yang dapat dibentuk, misalnya inputan yang diinginkan 3 dari 4 huruf yang tersedia seperti diatas maka hasilnya sebagai berikut

atau jumlah huruf yang tersedia 5 dengan inputan yang diinginkan 2 maka hasilnya

Tugas dalam bentuk Laporan yang terdiri dari (SC, Code, dan Penjelasan). tugas dikumpulkan paling lambat rabu tanggal 10 Juni 2020, semakin cepat mengumpulkan nilai semakin bagus. tugas dikumpulkan melalui link ini