Review kuis Kombinatorial & THR

Kombinatorial baru membahas tentang rule of product dan rule of sum. nanti kelanjutannya membahas permutasi dan kombinasi. untuk review tugas: ada yang membuat soal tentang volume kubus, kalau volume kubus sudah baku rumusnya  sisi x sisi x sisi. ini bukan termasuk konsep kombinatorial. rule of product merupakan kaidah perkalian yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan perhitungan.

sebagai contoh: Sebuah kantin polmanbabel menyediakan lima jenis makanan, misalnya bakwan, pantiaw, nasi uduk, pempek dan nasi kuning. Serta tiga jenis minuman, misalnya susu, kopi dan teh. Jika setiap orang boleh memesan satu makanan dan satu minuman, berapa banyak pasangan makanan dan minuman yang dapat dipesan?

untuk soal di atas gunakan rule of product: di mana jumlah makanan sebanyak 5 dan minuman sebanyak 3. artinya ada  sebanyak 5 x 3 = 15 pasangan makanan dan minuman. kalau di ilustrasi pasangan sebagai berikut:

  1. bakwan – susu
  2. bakwan – kopi
  3. bakwan – teh
  4. pantiaw – susu
  5. pantiaw – kopi
  6. pantiaw – teh
  7. nasi uduk – susu
  8. nasi uduk – kopi
  9. nasi uduk – teh
  10. pempek – susu
  11. pempek – kopi
  12. pempek – teh
  13. nasi kuning – susu
  14. nasi kuning – kopi
  15. nasi kuning – teh

sekarang membahas kuis kombinatorial.  ada 1 orang yang melewati Passing Grade a/n Adi. karena banyak nilainya di bawah Passing Grade, nanti ada ujian remedial namun bukan hari ini  setelah lebaran insyaAllah. biar ga pada stress, apalagi sedang puasa takut batal gara2 remedial :D. begitu juga dengan matakuliah ASD kenapa tidak ada coding?? codingnya nanti, takutnya muntah2 gara2 coding sehingga puasanya batal 😀

Bahas Kuis

Soal 1 – misalnya Tersedia 3 huruf: a, b, c.  ada 2 inputan yang harus diisi. berapa pola inputan yang bisa diisi (tidak boleh ada huruf yang diulang)?

input huruf 1 input huruf 2
3 2

input huruf_1: bisa 3 huruf yang dimasukkan, namun untuk input huruf_2: hanya 2 huruf kenapa? karena (tidak boleh ada huruf yang diulang) sementara 1 huruf sudah diwakili pada inputan huruf_1. misal input huruf_1 nya huruf a maka untuk input huruf_2: b/c tidak bisa a karena a sudah dimasukkan ke dalam input huruf_1

ada 3 x 2 = 6 pola yang bisa dibentuk. ilustrasi sebagai berikut

misal input huruf_1 yang terpilih a :

  1. a b
  2. a c

lanjut jika huruf_1 yang terpilih b:

  1. b a
  2. b c

lanjut jika huruf_1 yang terpilih c:

  1. c a
  2. c b

jadi total pola yang bisa dibentuk ada 6.

Soal 2 – misalnya Tersedia 3 huruf: a, b, c.  ada 2 inputan yang harus diisi. berapa pola inputan yang bisa diisi (boleh ada huruf yang diulang)?

input huruf 1 input huruf 2
3 3

input huruf_1: bisa 3 huruf yang dimasukkan, namun untuk input huruf_2:  3 huruf kenapa? karena (boleh ada huruf yang diulang). misalnya input huruf_1 nya huruf a maka untuk input huruf_2: a/b/c . pada input huruf_2, huruf a boleh dimasukkan kembali.

ada 3 x3 = 9 Pola. ilustrasi sebagai berikut:

misal input huruf_1 yang terpilih a :

  1. a a
  2. a b
  3. a  c

lanjut jika huruf_1 yang terpilih b:

  1. b a
  2. b b
  3. b c

lanjut jika huruf_1 yang terpilih c:

  1. c a
  2. c b
  3. c c

jadi total pola yang bisa dibentuk ada 9.

Soal 3– Terdapat 3 jalur bus antara A dan B dan 2 jalur bus dari B ke C. Tentukan banyaknya cara agar seseorang dapat bepergian dengan bus dari A ke C melewati B?

ada 3×2 =6 jalur. misal jalur B: B1,B2 dan B3 kemudian jalur C: C1 dan C2. ilustrasi sebagai berikut:

  1. A -> B1 -> C1
  2. A -> B1 -> C2
  3. A -> B2 -> C1
  4. A -> B2 -> C2
  5. A -> B3 -> C1
  6. A -> B3 -> C2

Soal 4 – Plat number memuat 2 huruf kemudian diikuti 2 angka. berapa pola plat number yang bisa dibentuk jika tidak ada huruf dan angka berulang?

seperti yang kita ketahui bahwa plat number itu huruf Besar A-Z (ada 26 Buah) sedangkan angka terdiri dari 0-9 (10) angka. pada soal diminta (Tidak ada huruf dan angka yang berulang). berapa pola yang dapat dibentuk?

inputan huruf_1 inputan huruf_2 inputan angka_1 inputan angka_2

inputan huruf_1: 26

inputan huruf_2: 25 (karena tidak ada huruf yang berulang, maka inputan huruf ke_2 tidak boleh sama hurufnya dengan inputan huruf_1

inputan angka_1: 10

inputan huruf_2: 9 (tidak boleh ada angka yang berulang)

maka ada berapa pola bisa dibentuk: 26x25x10x9=58.500

Minggu depan sudah libur, maka saya mau mengucapkan mohon maaf lahir dan batin jika ada salah dan khilaf, mudah2an awal juni sudah bisa KBM di kampus.

untuk tugas karena banyak yang di bawah PG. buatlah video  tentang doa dan harapan terkait covid 19, serta ucapan lebaran idul fitri. video di upload di instagram dan fanpage TRPL.  ada beberapa orang yang sudah saya add jadi admin di FP TRPL PolmanBabel, nanti video diupload di FB dan instagram TRPL01 atau akun masing2 kemudian tag  ke saya biar bisa dilihat. video yang paling bagus insyaAllah akan dapat pulsa dari saya 😀