Latihan TWK 10

#soalTWK

Pada 1961 di Jawa Timur PKI mengerahkan anggota-anggotanya untuk merebut tanah perkebunan negara, dipelopori oleh BTI (Barisan Tani Indonesia), Pemuda Rakyat, dan Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia). Tanah itu kemudian dibagi-bagikan kepada rakyat anggota PKI, tanpa memperhitungkan siapa pemilih tanah tersebut.  Hal itu menjadi sebab terjadinya …
A. Peristiwa Bandar Betsy
B. Peristiwa Kanigoro
C. Peristiwa Jengkol
D. Peristiwa Tanjung Morawa
E. Peristiwa Magetan
#soalTWK

Peristiwa 17 Oktober 1952 terjadi pada masa kabinet …
A. Hatta
B. Natsir
C. Sukiman
D. Wilopo
E. Ali Sastroamijoyo
#pembahasan

Jawaban: D. Wilopo

Kabinet Wilopo (3 April 1952 – 2 Juni 1953)

Peristiwa 17 Oktober 1952 adalah peristiwa di mana KSAD (dijabat A.H. Nasution) dan tujuh panglima daerah meminta Dewan Perwakilan Rakyat Sementara (DPRS) dibubarkan.

Penyebab utama dari peristiwa ini adalah terlalu jauhnya campur tangan kaum politisi terhadap masalah intern Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI).
#soalTWK

Tokoh berikut ini mendapat julukan “Terompet Proklamasi” karena jasanya yang besar dalam menyebarkan berita Proklamasi dengan cara berkeliling ibukota …
A. F. Wuz
B. Sarwoko
C. Riwu Ga
D. Gadi Walu
E. Yusuf Ronodipuro
#pembahasanTWK

Jawaban : C. Riwu Ga

“Terompet Proklamasi”, itulah gelar yang diberikan kepada Riwu Ga, pemuda asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dengan berani dan nekat mengabarkan berita kemerdekaan pada masyarakat Jakarta. Belum banyak radio dan tak ada siaran langsung, sehingga praktis rakyat biasa mendengar berita kemerdekaan dari mulut Riwu Ga.

Usai mengucapkan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Sukarno atau Bung Karno menggamit Riwu Ga, pembantu setianya. Bawa bendera, keliling Jakarta dengan jip terbuka. Sebarkan pada rakyat Jakarta, kita sudah merdeka. Jip itu dikemudikan Sarwoko.

Riwu Ga sendiri mengatakan tidak tahu mengapa Bung Karno memerintahkan dia, bukan para pemuda atau prajurit PETA yang berseragam. Ternyata, Bung Karno ingin memberi arti bagi sahabatnya yang buta huruf itu yang telah setia menemaninya dalam berbagai derita selama perjuangan.
#soalTWK

Salah satu alasan yang menyebabkan Indonesia tidak turut bergabung dalam pakta pertahanan SEATO adalah….
A. Indonesia bukan negara yang antikomunis
B. Indonesia tidak bermusuhan dengan Uni Soviet
C. Bertentangan dengan politik luar negeri bebas aktif
D. Indonesia tidak sepaham dengan Amerika Serikat
E. Indonesia termasuk dalam negara Blok Timur
#soalTWK

Asia Tenggara sebagai kawasan yang bebas dari segala bentuk campur tangan pihak luar atau dikenal sebagai ZOPFAN dicetuskan dalam ….
a. KTT I ASEAN di Denpasar
b. KTT II ASEAN di Manila
c. KTT IV ASEAN di Singapura
d. Deklarasi Kuala Lumpur 1971
e. Deklarasi Kuala Lumpur 1976
#pembahasanTWK

Jawaban: D. Deklarasi Kuala Lumpur 1971

ZOPFAN
Zone of Peace, Freedom and Neutrality atau ZOPFAN adalah pernyataan yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri negara-negara anggota ASEAN (Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand) pada tanggal 27 November 1971 di Kuala Lumpur, Malaysia. Disebut juga dengan Deklarasi Kuala Lumpur.

Dalam deklarasi tersebut, para pihak secara terbuka menyatakan niat mereka untuk menjaga Asia Tenggara “Bebas dari segala bentuk atau cara campur tangan oleh kekuatan luar” dan “memperluas bidang kerja sama.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *