Sahabat

Sahabat…

Apa itu sahabat?

Mungkin hampir setiap orang mempunyai sahabat. Sahabat yang selalu menemani di saat senang maupun susah. Sahabat yang selalu membuat hari-hari kita terasa lebih berarti karena keberadaannya.

Semenjak duduk di bangku SMP aku berfikir apa sahabat itu ada? Karena buatku teman-teman yang ada di sekitarku belum bisa dikatakan sebagai sahabat, karena mereka terkadang masih membuatku sedih atau membicarakanku dari belakang. Aku tidak percaya akan adanya seorang sahabat sampai aku duduk di bangku SMA.

Waktu di bangku SMA ada seorang perempuan teman sekelasku yang pendiam, sangat tertutup dengan teman-teman yang lain, tetapi dia baik dan tidak sombong. Aku berifikir mungkin memang sifat tertutupnya itu sudah menjadi sifatnya sejak lama.

Selama di bangku SMA justru aku dapat dikatakan tidak terlalu dekat dengan perempuan itu, hanya sekedar mengenal namanya dan saling menegur tanpa pernah mengobrol seperti dengan teman-temanku yang lain. Justru semenjak UN dan sekolah selesai dimana aku libur cukup panjang saat itu sekitar tahun 2012, aku mulai dekat dengan perempuan itu. Katakan saja nama perempuan itu adalah Shella.

Aku ingat sekali saat itu di siang hari Shella menghubungiku untuk menceritakan sesuatu tentang masalah keluarga dan pacarnya. Aku cukup terkejut karena tidak menyangka seseorang seperti Shella yang tertutup mau menceritakan masalahnya ke aku. Keesokan harinya Shella mulai sering datang ke rumahku untuk bercerita.

Sampai pada akhirnya aku tau Shella itu sosok perempuan seperti apa..

Alhamdulillah seiring berjalannya waktu aku bisa menenangkan Shella dan masalah Shella satu per satu mulai selesai. Aku semakin mengenal Shella lebih dekat, bagaimana watak dan sifatnya. Ternyata Shella itu bukan sosok perempuan yang dulu aku kenal di SMA. Shella tidak pendiam dan tertutup, dia asik diajak ngobrol atau curhat, asik diajak jalan bareng, dia ternyata juga bisa melawak. Aku memberi kesimpulan bahwa ternya Shella adalah sosok perempuan yang tidak bisa langsung akrab jika baru sekali berkenalan.

Yang paling aku suka dari sosok Shella itu dia selalu ada buat aku, dia bisa mengerti aku, dia tau bagaimana caranya menenangkanku di saat aku sedang ada masalah, dan satu yang membuat Shella berbeda dengan teman-temanku yang lain, saat aku sedih dia bukan hanya sekedar mendengarkan ceritaku tetapi dia memberikan saran dan nasihat yang bijak.

Sampai pada akhirnya hatiku terasa terketuk dan menyadari bahwa sahabat itu memang ada di dunia ini. Shella orang pertama dan satu-satunya orang yang aku anggap sebagai sahabat sampai saat ini.

Arti sahabat buatku adalah seseorang yang bukan hanya ada saat kita di atas, tetapi juga ada saat kita di bawah. Seseorang yang dapat menyimpan cerita dan rahasia kita dengan baik. Seseorang yang memotivasi kita untuk terus maju dan semangat menjalani lika-liku hidup, itulah Sahabat buatku.

by Bintari dian sari