PERKUSI

Suara adalah sarana manusia dalam menyampaikan pesan ke individu lainnya, suara adalah kodifikasi yang mudah dicerna dan ditransmitkan, suara pun menjadi sandi yang mudah dan cepat ditangkap untuk menyampaikan sebuah pesan. Suara yang dimiliki oleh manusia adalah media alami yang dimiliki oleh manusia sejak manusia itu dilahirkan.

Suara yang berirama menciptakan sebuah keharmonisan bagi pendengarnya dan beragam jenis media yang digunakan sesuai dengan cara menggunakannya biasa disebut sebagai music. Music itu memiliki beragam jenis sesuai dengan jenis iramanya. Mulai dari music jazz, rock, elektro, klasik, dll. Music pun berperan aktif dalam psikologi seorang manusia. Salah satu cabang music saat ini adalah perkusi. Perkusi adalah music yang dihasilkan dari berbagai macam alat yang dapat menghasilkan suara, perkusi memiliki kegunaan masing masing sesuai peruntukannya, di afrika perkusi biasa digunakan sebagai media spiritual untuk memuja roh leluhur. Namun dijaman sekarang perkusi lebih digunakan sebagai media hiburan. Dikolaborasikan dengan koreografi perkusi akan semakin menarik.

Secara general perkusi dengan media dipukul dibagi menjadi 2 golongan suara yang menghasilkan suara bass biasa disebut dengan hard seperti drum dll, sedangkan media pukul yang menghasilkan suara sedang biasa disebut dengan medium. Perkusi pun dapat dibagi menjadi 2 jenis, perkusi modern dan perkusi tradisional. Perkusi modern adalah perkusi yang media suaranya menggunakan alat music modern seperti perangkat drum dll, dan perkusi tradisional adalah media perkusi yang menggunakan alat alat bekaas. Seperti tempat sampah, ember, gallon, kaleng dll. Dalam prakteknya perkusi mudah dilakukan, pada dasarnya suara media yg digunakan perkusi adalah suara yang tidak nyaman didengarkan, namun dengan pengomposan yang tepat perkusi akan menjadi music yang megah dan nyaman didengarkan. Perkusi bisa digunakan sebagai pengiring bisa juga digunakan sebagai nada utama dalam sebuah pertunjukan. Perkusi juga biasa disebut dengan music jalanan karna elemen media yang digunakannya bisa kita dapat dengan mudah di mana saja.

 by. andre nanda