Hidden Paradise in Banten

Apa yang teman traveller pikirkan ketika mendengar kata Banten? Seram? Debus? Mistis? Buang jauh-jauh dulu pikiran itu dan simak lah sedikit penjelasan lain mengenai Banten. Banten yang dikenal dengan kekuatan ghaib nya ini, juga memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Kali ini saya akan menyorot sebagian kecil dari keindahan alam di Banten.

Karang Taraje adalah salah satu keindahan alam yang dimiliki Provinsi Banten. Pantai ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Pantai ini terletak sangat dekat dengan Pantai Sawarna yang juga terkenal di Banten, jaraknya mungkin hanya 2kilometer dari Pantai Sawarna atau hanya dengan waktu tempuh 30menit.

Di Pantai ini memang pengunjung tidak bisa berenang karena di pantai ini mempunyai banyak batu – batu besar dan indah. Pemandangan ini sangat memanjakan mata teman traveller semua. Di Pantai ini juga terdapat sebuah tebing dimana teman traveller semua bisa mendaki nya dan bisa melihat lautan lepas. Pantai Karang Taraje ini sangat dianjurkan untuk dikunjungi ketika sore hari, sehingga teman traveller semua bisa menikmati indahnya sunset ditemani deburan ombak dan lukisan Tuhan yang sangat luar biasa.

Karena hobi saya travelling menggunakan motor, sehingga saya hanya bisa membagi informasi akomodasi dengan menggunakan motor saja. Waktu tempuh dari Bandung – Sawarna memakan waktu sekitar 7 – 8 jam. Cukup jauh memang, tapi teman traveller juga disuguhkan pemandangan yang indah, terutama perjalanan dari Pantai Pelabuhan Ratu – Sawarna. Tidak henti saya berucap syukur atas suguhan lukisan Tuhan yang sangat luar biasa ini.

Penduduk lokal di daerah sini pun sangat ramah, meskipun ada sedikit perbedaan budaya dengan kebiasan penduduk kota. Tapi overall¸penduduk lokal sangat bersahabat. Selama saya mengexplore segala sesuatu nya di Desa Bayah, saya selalu ditemani penduduk lokal tanpa bayran sedikitpun. Hanya bermodalkan rokok dan kopi yang kita nikmati bersama.

Jadi, jika teman traveller memiliki waktu luang, saya sarankan untuk mengunjungi Desa Bayah ini. Banyak sekali kekayaan alam yang dimilikinya yang tidak ungkin saya ceritakan dalam satu artikel ini. Mungkin kita bahas wisata alam di Desa Bayah di lain artikel nanti.

Salam Satu Indonesia!

by ARCHIPELAGONESIA