Cara menghitung debet air hujan yang turun disuatu wilayah.

Pernah ga sih kalian terfikirkan tentang berapa sih jumlah air hujan yang turun tadi ?? mungkin ada sedikit dari kita yang pernah tefikirkan pikiran seperti itu dan mungkin kita selalu menjawabnya “ah ngapain juga dihitung toh ga bakal bisa”. Eits,jangan menyerah gitu.. curah hujan itu ternyata bisa dihitung kalo kita niat loh.. berbagi pengalaman. Saya pernah loh iseng menghitung curah hujan yang turun di kota serang. Jadi,waktu itu ceritanya saya pulang private pelajaran. Kebetulan saat itu sedang turun hujan dan saya pun kehujanan. Sesampainya dirumah saya penasaran berapa sih curah hujan yang turun tadi. Kebetulan saat itu kota serang sedang hujan merata. Nah berikut akan saya beri cara menghitungnya.. yaa mesti ga 100% akurat.

Partama,ketahui dahulu luas wilayah yang ingin kamu hitung. Setelah itu kalian siapkan botol yang volumenya cukup besar,gunanya ya sebagai sample air yang turun saat itu. Diusahakan mulut botolnya berdiameter kecil serta letakan pada area yang memudahkan air hujan langsung masuk ke botol tanpa ada yang menghalangi. Serta letakan botol lebih dari satu buah agar samplenya banyak. Ketiga,hitung berapa lama hujan turun dan ubah waktu turunnya kedalam satuan detik. Karena hujan turunnya tiap detik hehe. Terakhir hitung.

Saya beri contoh untuk kota serang yang luas wilayahnya sekitar 266,71 km2. Dan saat itu hujan turun sekitar 1 jam jadi kalo kita convert dalam detik itu sama saja dengan 3600 detik. Dan kalau tidak salah itu sekitar 120ml. sedikit sih tapi itulah hasil yang bisa dibilang tepat karena mulut botol yang kecil sehingga air hujan sedikit suasah untuk masuk. Selanjutnya kita hitung berapa curah hujan yang turun.

Air yang terdapat dibotol sekitar 120ml. luas wilayah 266,71 ( 266.710.000m) dan durasi turunnya 3600 detik. Cara menghitungnya cukup mudah kita hanya perlu mengkalikan semuannya. 120×266,71×3600. Dan didapatkan hasilnya 115.218.720.000.000 ml atau setara dengan 115.218.720.000 Liter. Sekitar segitulah air hujan yang turun saat itu.. sekali lagi itu hanya perkiraan saya. Jadi semoga bermanfaat apabila ada yang terfikirkan untuk menghitung hal tersebut.

by Muhammad Naufaldhia