Serangan Zat Kimia

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik. Produk kecantikan yang dijual di pasaran serikaling jadi “penolong” utama bagi kebutuhan kita yang satu ini. Tapi sadar gak sih, gak semua produk kecantikan yang dijual di pasaran itu bagus buat kita? Ada 4 zat kimia berbahaya yang terdapat pada produk kecantikan, yuk di check!

1. Merkuri

Zat merkuri ini biasanya ada di krim pemutih wajah. Bisa bikin kulit wajah jadi putih dan lebih bagus dalam waktu singkat. Dampaknya gak langsung terasa di wajah. Tapi merkuri bisa dengan cepat menyerang saraf, ginjal, hati bahkan janin lho!

2. Hidrokinon

Sama seperti merkuri, hidrokinon juga terdapat pada produk pemutih wajah. Dimana zat ini bisa memutihkan wajah dalam waktu singkat. Namun bedanya, efek samping yang diberikan hidrokinon ini langsung di wajah. Perlahan kulit wajah akan menghitam dan terkelupas, parahnya hidrokinon ini bisa menyebabkan kanker.

3. Rodhamin

Rodhamin ini sebenarnya adalah pewarna tekstil. Tapi sekarang banyak sekali produsen kosmetik yang menggunakan rodhamin sebagai pewarna lipstick, blush on bahkan pewarna rambut supaya tahan lama. Rodhamin ini bisa memicu kanker dalam tubuh kita.

4. Asam nitrinoat

Asam nitrinoat dapat ditemukan pada produk anti jerawat dan anti aging. Setelah penggunaannya, kulit akan terasa panas dan mengelupas. Zat ini juga dapat memicu kanker.

Nah makannya kita harus berhati-hati dalam memilih produk yang akan kita gunakan. Jangan tergiur produk dengan harga murah dan pastikan untuk mengecek produknya dahulu dengan cara mengoleskan produk ke belakang telinga kita dan tunggu hingga 8 jam. Bila tidak ada reaksi apa-apa berarti produk tersebut aman untuk digunakan. Bisa juga mengecek keamanan produk di website www.pom.go.id 🙂